UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Kamis, 23 April 2015

Pendidikan di Negeri Ini


Bagaikan memegang matahari itulah gambaran cita-cita negeri ini untuk mencapai kesuksesan dibidang pendidikan, kenapa? karena serasa tak mungkin untuk mencapai kesuksesan tersebut, coba bayangkan Indonesia dalam satu dekade terakhir berdasarkan survei PISA (Programme for International Study Assessment) Indonesia menempati rangking 64 dari 65 negara, bukankah itu sesuatu yang memalukan untuk negeri ini, selain itu banyak kasus pendidikan yang semakin marak terjadi, mulai dari kekerasan, pelecehan, demo rusuh bahkan kasus baru yang terjadi adalah kasus bully bukankah hal ini akan membuat keadaan pendidikan semakin bobrok, sungguh miris.
Tak jelas memang mana yang harus benar-benar disalahkan, entah pemerintah, pendidik, peserta didik. Dari empat elemen tersebut yang paling mempunyai peran dalam perbaikan pendidikan adalah pemerintah karena mereka mampu menciptakan suatu kurikulum jitu, menyediakan fasilitas-fasilitas belajar, itu sederhananya. Namun butuh proses panjang dan melelahkan untuk menerapkan apa-apa yang diimpikan, dibutuhkan suatu kerja sama yang solid antara pemerintah, pendidik, peserta didik agar dalam penerapan suatu kurikulum pendidikan dapat berjalan dengan baik tanpa menimbulkan masalah-masalah. Serta komitmen pemerintah dalam memenuhi fasilitas-fasilitas pendidikan agar menunjang kebutuhan proses belajar mengajar.
Tak banyak yang harus ditulis karena akan terasa bosan jika membacanya, yang terpenting adalah isinya bagaimana bisa dipahami dan bisa diterapkan nantinya. Yang diharapkan adalah bukti bukan hanya janji.



Zainul Arifin, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar