UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Sabtu, 09 Juni 2012

Teknologi ?


Teknologi adalah pembuatan, penggunaan, dan pengetahuan tentang alat , mesin , teknik, kerajinan , sistem atau metode organisasi untuk memecahkan masalah atau melakukan fungsi tertentu. Hal ini juga dapat merujuk pada kumpulan alat seperti, mesin, dan prosedur. Teknologi secara signifikan mempengaruhi manusia serta kemampuan spesies hewan lain untuk mengendalikan dan beradaptasi dengan lingkungan alami mereka. Kata teknologi berasal dari bahasa Yunani τεχνολογία (technología); dari τέχνη (techne), yang berarti "seni, keterampilan, kerajinan", dan -λογία ( -logia .), yang berarti "studi tentang-" [1] Istilah ini dapat diterapkan umumnya atau untuk daerah tertentu: contoh termasuk teknologi konstruksi, teknologi medis, dan teknologi informasi.

Penggunaan spesies manusia 'teknologi dimulai dengan konversi sumber daya alam menjadi peralatan sederhana. Para prasejarah penemuan kemampuan untuk mengendalikan kebakaran meningkatkan tersedia sumber makanan dan penemuan roda membantu manusia dalam perjalanan di dan mengendalikan lingkungan mereka. Perkembangan teknologi terbaru, termasuk mesin cetak , yang telepon , dan internet , telah berkurang hambatan fisik untuk komunikasi dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas pada skala global. Namun, tidak semua teknologi telah digunakan untuk tujuan damai; pengembangan senjata yang terus meningkat kekuatan destruktif telah berkembang sepanjang sejarah, dari klub ke senjata nuklir .
Teknologi telah mempengaruhi masyarakat dan sekitarnya dalam beberapa cara. Dalam banyak masyarakat, teknologi telah membantu mengembangkan lebih maju ekonomi (termasuk hari ini ekonomi global ) dan telah memungkinkan munculnya rekreasi kelas . Banyak proses teknologi menghasilkan yang tidak diinginkan oleh-produk, yang dikenal sebagai polusi , dan menguras sumber daya alam, sehingga merugikan dari Bumi beserta lingkungan . Berbagai implementasi teknologi mempengaruhi nilai-nilai suatu masyarakat dan teknologi baru sering menimbulkan pertanyaan etika baru. Contohnya termasuk munculnya gagasan tentang efisiensi dalam hal produktivitas manusia, istilah yang awalnya hanya diterapkan ke mesin, dan tantangan dari norma-norma tradisional.
Perdebatan filosofis telah muncul atas penggunaan saat ini dan masa depan teknologi dalam masyarakat, dengan perbedaan pendapat mengenai apakah teknologi meningkatkan kondisi manusia atau memburuk itu. Neo-Luddism , anarko-primitivisme , dan gerakan serupa mengkritik pervasiveness teknologi di dunia modern, opining bahwa itu merugikan lingkungan dan mengasingkan rakyat; pendukung ideologi seperti transhumanism dan techno-progresivisme melihat kemajuan teknologi terus bermanfaat bagi masyarakat dan kondisi manusia. Memang, sampai saat ini, diyakini bahwa perkembangan teknologi dibatasi hanya untuk manusia, tetapi studi ilmiah terbaru menunjukkan bahwa lain primata dan beberapa lumba-lumba masyarakat telah mengembangkan alat yang sederhana dan belajar untuk lulus pengetahuan mereka kepada generasi lainnya.

Definisi dan penggunaan


Penemuan mesin cetak memungkinkan bagi para ilmuwan dan politisi untuk mengkomunikasikan ide-ide mereka dengan mudah, mengarah pada Abad Pencerahan ; contoh teknologi sebagai kekuatan budaya.
Penggunaan istilah teknologi telah berubah secara signifikan selama 200 tahun terakhir. Sebelum abad ke-20, istilah itu lazim dalam bahasa Inggris, dan biasanya mengacu pada keterangan atau studi tentang seni berguna . [2] Istilah ini sering terhubung ke pendidikan teknis, seperti di Massachusetts Institute of Technology (disewa di 1861). [3] "Teknologi" menjadi terkenal pada abad ke-20 sehubungan dengan revolusi industri kedua . Arti dari teknologi berubah di awal abad 20 ketika para ilmuwan sosial Amerika, dimulai dengan Thorstein Veblen , diterjemahkan ide dari konsep Jerman Technik menjadi "teknologi." Dalam bahasa Eropa Jerman dan lainnya, perbedaan ada antara Technik dan Technologie yang tidak hadir dalam bahasa Inggris, karena kedua istilah ini biasanya diterjemahkan sebagai "teknologi." Pada 1930-an, "teknologi" yang disebut tidak untuk mempelajari seni industri, tetapi untuk industri seni itu sendiri. [4] Pada tahun 1937, sosiolog Amerika Baca Bain menulis bahwa "teknologi mencakup semua alat, mesin, peralatan, senjata, instrumen , perumahan, pakaian, berkomunikasi dan pengangkutan perangkat dan keterampilan yang kita memproduksi dan menggunakan mereka. " [5] Bain definisi tetap umum di kalangan sarjana hari ini, terutama ilmuwan sosial. Tapi sama-sama menonjol adalah definisi teknologi sebagai ilmu terapan, terutama di kalangan ilmuwan dan insinyur, meskipun para ilmuwan sosial yang paling yang mempelajari teknologi menolak definisi ini. [6] Baru-baru ini, para sarjana telah dipinjam dari filsuf Eropa "teknik" untuk memperluas arti teknologi untuk berbagai bentuk alasan instrumental, seperti dalam karya Foucault tentang teknologi dari diri ("teknik de soi").
Kamus dan sarjana telah menawarkan berbagai definisi. The Merriam-Webster kamus menawarkan definisi istilah: "aplikasi praktis dari pengetahuan khususnya di daerah tertentu" dan "kemampuan yang diberikan oleh aplikasi praktis dari pengetahuan". [1] Ursula Franklin , pada tahun 1989 Dunia dia "Nyata Teknologi "kuliah, memberi definisi lain dari konsep, melainkan". prakteknya, cara kita melakukan sesuatu di sekitar sini " [7] Istilah ini sering digunakan untuk menyiratkan bidang tertentu teknologi, atau untuk mengacu pada teknologi tinggi atau hanya konsumen elektronik ., bukan teknologi secara keseluruhan [8] Bernard Stiegler , di Teknik dan Time, 1 , mendefinisikan teknologi dalam dua cara: sebagai "mengejar kehidupan dengan cara selain hidup", dan sebagai "materi anorganik yang terorganisir." [ 9]
Teknologi dapat paling luas didefinisikan sebagai entitas, baik material dan imaterial, yang diciptakan oleh penerapan upaya fisik dan mental untuk mencapai beberapa nilai. Dalam penggunaan ini, teknologi mengacu pada alat dan mesin yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah di dunia nyata. Ini adalah istilah luas yang mungkin termasuk alat-alat sederhana, seperti linggis atau kayu sendok , atau mesin yang lebih kompleks, seperti stasiun ruang angkasa atau akselerator partikel . Alat dan mesin tidak perlu bahan, teknologi virtual, seperti perangkat lunak komputer dan metode bisnis , termasuk dalam definisi teknologi. [10]
Kata "teknologi" dapat juga digunakan untuk merujuk kepada kumpulan teknik. Dalam konteks ini, itu adalah keadaan saat ini pengetahuan manusia tentang bagaimana menggabungkan sumber daya untuk memproduksi produk yang diinginkan, untuk memecahkan masalah, memenuhi kebutuhan, atau memuaskan keinginan, tetapi juga mencakup metode teknis, keterampilan, proses, teknik, alat dan bahan baku. Ketika dikombinasikan dengan istilah lain, seperti "teknologi medis" atau "teknologi ruang", mengacu pada keadaan pengetahuan bidang bersangkutan dan alat. " State-of-the-art teknologi "mengacu pada teknologi tinggi yang tersedia untuk kemanusiaan dalam bidang apapun.
Teknologi dapat dilihat sebagai suatu kegiatan yang terbentuk atau budaya perubahan. [11] Selain itu, teknologi adalah penerapan matematika, sains, dan seni untuk kepentingan kehidupan seperti yang dikenal. Contoh modern adalah munculnya komunikasi teknologi, yang telah mengurangi hambatan untuk interaksi manusia dan, sebagai hasilnya, telah membantu menelurkan subkultur baru; munculnya cyberculture memiliki, dasar, perkembangan internet dan komputer . [12 ] Tidak semua teknologi meningkatkan budaya dengan cara yang kreatif, teknologi juga dapat membantu memfasilitasi penindasan politik dan perang melalui perangkat seperti senjata. Sebagai aktivitas budaya, teknologi mendahului kedua ilmu dan teknik , yang masing-masing meresmikan beberapa aspek dari usaha teknologi.

Ilmu pengetahuan, teknik dan teknologi

Perbedaan antara ilmu pengetahuan, teknik dan teknologi tidak selalu jelas. Sains adalah beralasan penyelidikan atau studi tentang fenomena, yang bertujuan untuk menemukan prinsip-prinsip abadi di antara unsur-unsur dari fenomenal dunia dengan menggunakan resmi teknik seperti metode ilmiah . [13] Teknologi tidak biasanya secara eksklusif produk ilmu pengetahuan, karena mereka harus memenuhi persyaratan seperti utilitas , kegunaan dan keamanan .
Teknik adalah berorientasi tujuan proses perancangan dan pembuatan alat dan sistem untuk mengeksploitasi fenomena alam untuk manusia berarti praktis, sering (tetapi tidak selalu) menggunakan hasil dan teknik-teknik dari ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi dapat memanfaatkan berbagai bidang pengetahuan, termasuk ilmu pengetahuan, teknik, matematika , linguistik , dan sejarah pengetahuan, untuk mencapai beberapa hasil praktis.
Teknologi sering merupakan akibat dari ilmu dan teknik - meskipun teknologi sebagai aktivitas manusia mendahului kedua bidang. Misalnya, ilmu pengetahuan bisa mempelajari aliran elektron dalam konduktor listrik , dengan menggunakan alat yang sudah ada dan pengetahuan. Pengetahuan baru ditemukan kemudian dapat digunakan oleh para insinyur untuk menciptakan alat baru dan mesin, seperti semikonduktor , komputer , dan bentuk lain dari teknologi canggih. Dalam hal ini, para ilmuwan dan insinyur mungkin berdua akan dianggap teknologi; tiga bidang yang sering dianggap sebagai salah satu untuk keperluan penelitian dan referensi. [14]
Hubungan yang tepat antara ilmu pengetahuan dan teknologi pada khususnya telah diperdebatkan oleh para ilmuwan, sejarawan, dan pembuat kebijakan di akhir abad 20, sebagian karena perdebatan dapat menginformasikan pendanaan ilmu dasar dan terapan. Sebagai akibat langsung dari Perang Dunia II , misalnya, di Amerika Serikat secara luas dianggap bahwa teknologi itu hanya "ilmu terapan" dan bahwa untuk mendanai ilmu dasar adalah untuk menuai hasil teknologi pada waktunya. Sebuah artikulasi filosofi ini dapat ditemukan secara eksplisit dalam Vannevar Bush risalah 's pada kebijakan ilmu pengetahuan sesudah perang, Ilmu-The Frontier Abadi: "Produk baru, industri-industri baru, dan pekerjaan yang lebih memerlukan tambahan terus menerus untuk pengetahuan tentang hukum-hukum alam ini ... pengetahuan baru yang penting dapat diperoleh hanya melalui penelitian ilmiah dasar. " Pada akhir 1960-an, pandangan ini diserang langsung, mengarah pada inisiatif untuk mendanai ilmu untuk tugas-tugas tertentu (inisiatif ditentang oleh komunitas ilmiah). Masalah ini masih diperdebatkan-meskipun sebagian besar analis menolak model bahwa teknologi hanya merupakan hasil dari penelitian ilmiah. [15] [16]

Sejarah

Paleolitik (2,5 juta - 10.000 SM)


Sebuah primitif helikopter
Penggunaan alat-alat oleh manusia purba sebagian adalah proses penemuan, sebagian evolusi. Manusia purba berevolusi dari spesies dari mencari makan hominid yang sudah bipedal , [17] dengan massa otak kira-kira sepertiga dari manusia modern. [18] penggunaan Alat relatif tidak berubah untuk sebagian besar sejarah manusia purba, tapi sekitar 50.000 tahun yang lalu, sebuah set kompleks dari perilaku dan penggunaan alat muncul, yang dipercaya oleh arkeolog banyak dihubungkan dengan munculnya sepenuhnya modern bahasa . [19]

Batu alat


Tangan sumbu dari Acheulian periode

Sebuah Clovis titik , dilakukan melalui pengelupasan tekanan
Nenek moyang manusia telah menggunakan batu dan alat-alat lain sejak lama sebelum munculnya Homo sapiens sekitar 200.000 tahun yang lalu. [20] Yang paling awal metode alat batu keputusan, dikenal sebagai Oldowan "industri", tanggal kembali ke setidaknya 2,3 juta tahun yang lalu , [21] dengan bukti langsung awal penggunaan alat yang ditemukan di Ethiopia dalam Great Rift Valley , dating kembali ke 2,5 juta tahun yang lalu. [22] Ini era penggunaan alat batu disebut Paleolitik , atau "zaman batu Lama", dan mencakup seluruh sejarah manusia hingga pengembangan pertanian sekitar 12.000 tahun yang lalu.
Untuk membuat alat batu, " inti "dari batu keras dengan sifat mengelupas tertentu (seperti batu api ) telah dipukul dengan hammerstone . Pengelupasan ini menghasilkan tepi tajam pada batu inti serta pada serpih, baik yang dapat digunakan sebagai alat, terutama dalam bentuk helikopter atau pencakar . [23] Alat-alat ini sangat membantu manusia awal mereka pemburu-pengumpul gaya hidup untuk melakukan berbagai tugas termasuk bangkai menyembelih (dan melanggar tulang untuk mendapatkan pada sumsum ); kayu memotong, menghancurkan kacang-kacang terbuka; menguliti binatang untuk nya hide , dan bahkan membentuk alat-alat lain dari bahan lembut seperti tulang dan kayu. [24]
Alat-alat batu yang paling awal adalah minyak mentah, menjadi sedikit lebih dari batu retak. Dalam Acheulian era, mulai sekitar 1,65 juta tahun yang lalu, metode kerja batu ini ke dalam bentuk tertentu, seperti kapak tangan muncul. Para Paleolitik Tengah , kira-kira 300.000 tahun yang lalu, melihat pengenalan teknik siap-core , di mana beberapa pisau bisa cepat terbentuk dari batu inti tunggal. [23] Para Paleolitik Muda , dimulai sekitar 40.000 tahun yang lalu, melihat pengenalan tekanan mengelupas , di mana kayu, tulang, tanduk atau pukulan dapat digunakan untuk membentuk batu yang sangat halus. [25]

Kebakaran

Penemuan dan pemanfaatan api, sederhana energi sumber dengan menggunakan mendalam banyak, merupakan titik balik dalam evolusi teknologi umat manusia. [26] Tanggal pasti penemuannya tidak diketahui; bukti tulang hewan dibakar di Cradle of Humankind menunjukkan bahwa domestikasi api terjadi sebelum 1.000.000 SM; [27] konsensus ilmiah menunjukkan bahwa Homo erectus telah dikontrol api dengan antara 500.000 dan 400.000 SM SM. [28] [29] Api, berbahan bakar kayu dan arang manusia purba, memungkinkan untuk memasak makanan mereka untuk meningkatkan kecernaan nya, meningkatkan nilai gizi dan memperluas jumlah makanan yang bisa dimakan. [30]

Pakaian dan tempat tinggal

Kemajuan teknologi lain yang dibuat selama era Paleolitik adalah pakaian dan tempat tinggal; adopsi kedua teknologi tidak dapat tanggal persis, tetapi mereka adalah kunci untuk kemajuan umat manusia. Seperti era Paleolitik berkembang, tempat tinggal menjadi lebih canggih dan lebih rumit;. Sedini 380.000 SM, manusia sedang membangun pondok-pondok kayu sementara [31] [32] Pakaian, diadaptasi dari bulu dan kulit binatang buruan, membantu umat manusia memperluas ke lebih dingin daerah; manusia mulai bermigrasi keluar dari Afrika pada 200.000 SM dan ke benua lain, seperti Eurasia . [33]

Neolitik melalui jaman klasik (10.000 SM - 300AD)


Sebuah array artefak Neolitik, termasuk gelang, kepala kapak, pahat, dan alat polishing.
Pendakian teknologi manusia mulai digalakkan pada apa yang dikenal sebagai Neolitik periode ("zaman batu Baru"). Penemuan dipoles kapak batu adalah kemajuan besar karena memungkinkan pembukaan hutan dalam skala besar untuk menciptakan peternakan. Penemuan pertanian diizinkan untuk memberi makan populasi yang lebih besar, dan transisi ke sedentist gaya hidup meningkatkan jumlah anak yang dapat secara bersamaan dinaikkan, sebagai anak-anak muda tidak perlu lagi dilakukan, seperti yang terjadi dengan gaya hidup nomaden. Selain itu, anak-anak dapat memberikan kontribusi tenaga kerja terhadap peningkatan tanaman lebih mudah daripada yang dapat mereka ke gaya hidup pemburu-pengumpul. [34] [35]
Dengan meningkatnya populasi dan ketersediaan tenaga kerja datang peningkatan spesialisasi tenaga kerja. [36] Apa yang memicu perkembangan dari desa Neolitik awal ke kota-kota pertama, seperti Uruk , dan peradaban pertama, seperti Sumeria , tidak secara khusus dikenal; Namun, munculnya semakin hierarki struktur sosial, spesialisasi tenaga kerja, perdagangan dan perang di antara budaya yang berdekatan, dan perlunya tindakan kolektif untuk mengatasi tantangan lingkungan, seperti pembangunan tanggul dan waduk , semuanya dianggap telah memainkan peran . [37]

Logam alat

Melanjutkan perbaikan mengarah ke tungku dan bellow dan memberikan kemampuan untuk mencium dan menempa logam asli (alami dalam bentuk relatif murni). [38] Emas , tembaga , perak , dan memimpin , adalah logam awal tersebut. Keuntungan dari alat tembaga lebih batu, tulang, dan alat-alat kayu yang cepat jelas bagi manusia purba, dan tembaga asli itu mungkin digunakan dari dekat awal Neolitik kali (sekitar 8000 SM). [39] tembaga asli tidak alami terjadi dalam jumlah besar jumlah, tetapi bijih tembaga cukup umum dan beberapa dari mereka menghasilkan logam dengan mudah ketika dibakar di api kayu atau arang. Akhirnya, pengerjaan logam menyebabkan penemuan dari paduan seperti perunggu dan kuningan (sekitar 4000 SM). Penggunaan pertama dari paduan besi seperti baja tanggal untuk sekitar 1400 SM.

Energi dan transportasi


Para roda diciptakan sekitar tahun 4000 SM.
Sementara itu, manusia belajar untuk memanfaatkan bentuk-bentuk energi lainnya. Penggunaan paling awal dari tenaga angin adalah perahu layar. [40] Catatan paling awal dari sebuah kapal berlayar di bawah ini ditampilkan pada sebuah panci Mesir dating kembali ke 3200 SM. [41] Dari zaman prasejarah, Mesir mungkin menggunakan kekuatan tahunan Nil banjir untuk mengairi tanah mereka, secara bertahap belajar untuk mengatur banyak yang melalui saluran irigasi sengaja dibangun dan 'menangkap' cekungan. Demikian pula, masyarakat awal Mesopotamia, Sumeria, belajar untuk menggunakan sungai-sungai Tigris dan Eufrat untuk banyak tujuan yang sama. Tetapi penggunaan yang lebih luas dari angin dan air (dan bahkan manusia) daya yang diperlukan penemuan lain.
Menurut arkeolog, yang roda diciptakan sekitar 4000 SM mungkin secara independen dan hampir-bersamaan di Mesopotamia (di masa kini Irak ), Kaukasus Utara ( Maykop budaya ) dan Eropa Tengah. Perkiraan pada saat ini mungkin terjadi rentang 5500-3000 SM, dengan menempatkan sebagian besar ahli lebih dekat ke 4000 SM artefak tertua dengan gambar yang menggambarkan tanggal gerobak beroda dari sekitar 3000 SM, namun, roda mungkin telah digunakan selama ribuan tahun sebelum gambar ini dibuat. Ada juga bukti dari periode yang sama roda waktu yang digunakan untuk produksi gerabah . (Perhatikan bahwa roda tembikar asli mungkin bukan roda, tetapi lebih merupakan suatu lempengan berbentuk tidak teratur kayu datar dengan luas dilubangi atau ditusuk kecil di dekat pusat dan dipasang pada sebuah pasak didorong ke dalam bumi. Itu akan diputar oleh kapal tunda terulang oleh potter atau asistennya) Baru-baru ini., roda tertua terkenal kayu di dunia ditemukan di rawa-rawa Ljubljana Slovenia. [42]
Penemuan merevolusi roda kegiatan yang berbeda seperti transportasi, perang, dan produksi gerabah (untuk yang mungkin telah pertama kali digunakan). Tidak butuh waktu lama untuk menemukan bahwa kereta beroda dapat digunakan untuk membawa beban berat dan cepat (berputar) roda tembikar 'memungkinkan produksi massal awal tembikar. Tapi penggunaan roda sebagai transformator energi (melalui roda air, kincir angin, dan bahkan treadmill) yang merevolusi penerapan sumber daya bukan manusia.

Abad pertengahan dan modern sejarah (300 AD -)

Inovasi terus berlanjut sampai Abad Pertengahan dengan inovasi seperti sutra , dengan kerah kuda dan sepatu kuda dalam beberapa ratus tahun pertama setelah jatuhnya Kekaisaran Romawi . teknologi Abad Pertengahan melihat penggunaan mesin sederhana (seperti pengungkit , yang sekrup , dan katrol ) yang dikombinasikan untuk membentuk alat yang lebih rumit, seperti gerobak dorong , kincir angin dan jam . The Renaissance melahirkan banyak inovasi ini, termasuk mesin cetak (yang memfasilitasi komunikasi yang lebih besar dari pengetahuan), dan teknologi menjadi semakin terkait dengan ilmu pengetahuan , mulai siklus kemajuan bersama. Kemajuan teknologi di era ini diperbolehkan pasokan yang lebih stabil makanan, diikuti oleh ketersediaan yang lebih luas barang-barang konsumsi.

Para mobil merevolusi transportasi pribadi.
Mulai di Inggris pada abad ke-18, Revolusi Industri adalah periode penemuan teknologi yang besar, terutama di bidang pertanian , manufaktur , pertambangan , metalurgi dan transportasi , didorong oleh penemuan mesin uap . Teknologi kemudian mengambil langkah lain dengan memanfaatkan dari listrik untuk membuat inovasi seperti motor listrik , bola lampu dan banyak orang lain. Ilmiah kemajuan dan penemuan konsep-konsep baru kemudian diizinkan untuk penerbangan bertenaga , dan kemajuan dalam kedokteran , kimia , fisika dan rekayasa . Peningkatan teknologi telah menyebabkan pembangunan gedung pencakar langit dan kota-kota besar yang penduduknya mengandalkan mobil atau transit bertenaga lain untuk transportasi. Komunikasi juga sangat meningkat dengan penemuan telegraf , telepon , radio dan televisi . Akhir abad ke-20 ke-19 dan awal melihat sebuah revolusi dalam transportasi dengan penemuan kapal bertenaga uap , kereta , pesawat , dan mobil .

F-15 dan F-16 terbang di atas sebuah pembakaran ladang minyak di Kuwait pada tahun 1991.
Abad ke-20 membawa sejumlah inovasi. Dalam fisika , penemuan fisi nuklir telah menyebabkan kedua senjata nuklir dan tenaga nuklir . Komputer juga ditemukan dan kemudian miniatur memanfaatkan transistor dan sirkuit terpadu . Teknologi di balik dipanggil teknologi informasi , dan kemajuan ini kemudian menyebabkan penciptaan internet , yang mengantar arus Era Informasi . Manusia juga mampu mengeksplorasi ruang dengan satelit (kemudian digunakan untuk telekomunikasi ) dan dalam misi berawak akan sampai ke bulan. Dalam pengobatan, era ini membawa inovasi seperti operasi jantung terbuka dan kemudian terapi sel induk baru bersama dengan obat dan perawatan. Kompleks manufaktur dan konstruksi teknik dan organisasi yang dibutuhkan untuk membangun dan memelihara teknologi baru, dan seluruh industri telah muncul untuk mendukung dan mengembangkan generasi berikutnya alat semakin lebih kompleks. Teknologi modern semakin bergantung pada pelatihan dan pendidikan - mereka desainer, kontraktor, pengelola, dan pengguna sering memerlukan pelatihan umum dan khusus yang canggih. Selain itu, teknologi ini telah menjadi begitu kompleks sehingga seluruh bidang telah diciptakan untuk mendukung mereka, termasuk teknik , kedokteran , dan ilmu komputer , dan bidang lainnya telah dibuat lebih kompleks, seperti konstruksi , transportasi dan arsitektur .

Teknologi dan filsafat

Technicism

Umumnya, technicism adalah ketergantungan atau kepercayaan dalam teknologi sebagai dermawan masyarakat. Dibawa ke ekstrim, technicism adalah keyakinan bahwa manusia pada akhirnya akan mampu mengendalikan keseluruhan eksistensi menggunakan teknologi. Dengan kata lain, manusia suatu saat akan dapat menguasai semua masalah dan bahkan mungkin mengendalikan masa depan dengan menggunakan teknologi. Beberapa, seperti Stephen V. Monsma , [43] menghubungkan ide-ide untuk pelepasan agama sebagai otoritas moral lebih tinggi.

Optimisme

Optimis asumsi yang dibuat oleh para pendukung ideologi seperti transhumanism dan singularitarianism , yang melihat perkembangan teknologi secara umum memiliki efek menguntungkan bagi masyarakat dan kondisi manusia. Dalam ideologi, perkembangan teknologi yang secara moral baik. Beberapa kritikus melihat ideologi sebagai contoh saintisme dan techno-utopianisme dan ketakutan gagasan peningkatan manusia dan singularitas teknologi yang mereka dukung. Beberapa telah dijelaskan Karl Marx sebagai techno-optimis. [44]

Skeptisisme dan kritikus teknologi

Di sisi agak skeptis adalah filsuf tertentu seperti Herbert Marcuse dan John Zerzan , yang percaya bahwa masyarakat teknologi secara inheren cacat. Mereka berpendapat bahwa hasil tak terelakkan dari masyarakat semacam itu adalah menjadi teknologi lamanya dengan mengorbankan kebebasan dan kesehatan psikologis.
Banyak, seperti Luddites dan menonjol filsuf Martin Heidegger , tahan serius, meskipun tidak sepenuhnya deterministik pemesanan, tentang teknologi (lihat " Teknologi Pertanyaan Mengenai [45] ) ". Menurut Heidegger sarjana Hubert Dreyfus dan Charles Spinosa, "Heidegger tidak menentang teknologi. Ia berharap untuk mengungkapkan esensi teknologi dengan cara yang 'tidak ada batas-batas cara kita untuk suatu keharusan untuk mendorong stultified pada membabi buta dengan teknologi atau, apa yang terlintas dalam hal yang sama, untuk memberontak tak berdaya melawannya. ' Bahkan, dia menjanjikan bahwa 'ketika pernah kita membuka diri secara tegas dengan esensi teknologi, kita menemukan diri kita tiba-tiba dibawa ke sebuah klaim membebaskan. " [46] "Apa ini memerlukan hubungan yang lebih kompleks untuk teknologi dari baik techno-optimis atau techno -pesimis cenderung memungkinkan. [47]
Beberapa kritik yang paling pedih teknologi ditemukan dalam apa yang sekarang dianggap sebagai sastra klasik dystopian, misalnya Aldous Huxley Brave New World dan karya tulis lainnya, Anthony Burgess adalah A Clockwork Orange , dan George Orwell Nineteen Eighty-Four . Dan, dalam Faust oleh Goethe , Faust yang menjual jiwanya kepada iblis dengan imbalan kekuasaan atas dunia fisik, juga sering ditafsirkan sebagai metafora untuk adopsi teknologi industri. Baru-baru ini, karya-karya modern fiksi ilmiah, seperti yang oleh Philip K. Dick dan William Gibson , dan film (misalnya Blade Runner , Ghost in the Shell ) proyek sikap yang sangat ambivalen atau peringatan terhadap dampak teknologi pada masyarakat manusia dan identitas.
Para kritikus budaya terlambat Neil Postman dibedakan alat-menggunakan masyarakat dari masyarakat teknologi dan, akhirnya, apa yang ia sebut "technopolies," yaitu, masyarakat yang didominasi oleh ideologi kemajuan teknologi dan ilmiah, dengan mengesampingkan atau merugikan praktek budaya lainnya , nilai dan pandangan dunia. [48]
Darin Barney telah menulis tentang dampak teknologi pada praktek kewarganegaraan dan budaya demokratis, menunjukkan bahwa teknologi dapat diartikan sebagai (1) sebuah objek dari perdebatan politik, (2) sarana atau media diskusi, dan (3) pengaturan untuk prosedur demokrasi dan kewarganegaraan. Sebagai pengaturan bagi budaya demokratis, Barney menunjukkan teknologi yang cenderung membuat etis pertanyaan, termasuk pertanyaan tentang apa kehidupan yang baik terdiri dalam, hampir mustahil, karena mereka sudah memberikan jawaban atas pertanyaan: kehidupan yang baik adalah salah satu yang mencakup penggunaan teknologi lebih dan lebih. [49]
Nikolas Kompridis juga ditulis tentang bahaya teknologi baru, seperti rekayasa genetika , nanoteknologi , biologi sintetis dan robotika . Dia memperingatkan bahwa teknologi ini memperkenalkan tantangan baru belum pernah terjadi sebelumnya dengan manusia, termasuk kemungkinan perubahan permanen dari sifat biologis kita. Keprihatinan ini juga dimiliki oleh filsuf lain, ilmuwan dan intelektual publik yang telah menulis tentang masalah yang sama (misalnya Francis Fukuyama , Jürgen Habermas , William Joy , dan Michael Sandel ). [50]
Lain kritikus terkemuka dari teknologi Hubert Dreyfus , yang telah menerbitkan buku Di Internet dan Apa Komputer Masih bisakah Do.
Lain, lebih terkenal anti-teknologi risalah adalah Masyarakat Industri dan Masa Depan Its , yang ditulis oleh Theodore Kaczynski (alias The Unabomber ) dan dicetak di koran-koran utama beberapa (dan kemudian buku) sebagai bagian dari upaya untuk mengakhiri kampanye pemboman nya dari tekno-industrial infrastruktur.

Teknologi yang tepat

Gagasan teknologi tepat guna , bagaimanapun, dikembangkan pada abad ke-20 (misalnya, melihat karya Jacques Ellul ) untuk menggambarkan situasi di mana ia tidak diinginkan untuk menggunakan teknologi yang sangat baru atau yang diperlukan akses ke beberapa terpusat infrastruktur atau bagian atau keterampilan diimpor dari tempat lain. Para eko-desa muncul gerakan sebagian karena keprihatinan ini.

Teknologi dan daya saing

Pada tahun 1983 program rahasia dimulai di komunitas intelijen AS untuk membalikkan daya saing ekonomi dan militer AS menurun. Program, Proyek Socrates , menggunakan seluruh sumber intelijen untuk meninjau saing seluruh dunia untuk semua bentuk kompetisi untuk menentukan sumber penurunan AS. Apa Proyek Socrates ditentukan adalah bahwa eksploitasi teknologi adalah dasar dari semua keunggulan kompetitif dan bahwa sumber daya saing AS menurun adalah fakta bahwa pengambilan keputusan melalui AS baik di sektor swasta dan publik telah beralih dari pengambilan keputusan yang didasarkan pada teknologi eksploitasi (yaitu, teknologi berbasis perencanaan) untuk pengambilan keputusan yang didasarkan pada eksploitasi uang (yaitu, ekonomi perencanaan berbasis) pada akhir Perang Dunia II.
Teknologi benar didefinisikan sebagai penerapan ilmu pengetahuan untuk mencapai fungsi. Ilmu pengetahuan dapat menjadi ujung tombak atau mapan dan fungsi tersebut dapat memiliki visibilitas tinggi atau secara signifikan lebih biasa tetapi semua teknologi, dan eksploitasi adalah dasar dari semua keunggulan kompetitif.
Teknologi berbasis perencanaan adalah apa yang digunakan untuk membangun raksasa industri AS sebelum Perang Dunia II (misalnya, Dow , DuPont , GM ) dan apa yang digunakan untuk mengubah AS menjadi negara adidaya. Bukan ekonomi berbasis perencanaan.
Proyek Socrates menentukan bahwa untuk membangun kembali daya saing AS, pengambilan keputusan di seluruh Amerika Serikat harus readopt berbasis teknologi perencanaan. Proyek Socrates juga ditentukan bahwa negara-negara seperti China dan India masih terus mengeksekusi berbasis teknologi (sementara AS mengambil jalan memutar ke dalam ekonomi-based) perencanaan, dan sebagai hasilnya memiliki proses yang cukup canggih dan telah menggunakannya untuk membangun diri menjadi negara adidaya. Untuk membangun kembali daya saing AS AS pengambil keputusan diperlukan mengadopsi bentuk teknologi berbasis perencanaan yang jauh lebih maju daripada yang digunakan oleh China dan India.
Proyek Socrates menetapkan bahwa teknologi perencanaan berbasis membuat lompatan evolusioner ke depan setiap beberapa ratus tahun dan lompatan evolusi berikutnya, Revolusi Inovasi Otomatis, telah siap untuk terjadi. Dalam Revolusi Inovasi Otomatis proses untuk menentukan bagaimana memperoleh dan memanfaatkan teknologi untuk keunggulan kompetitif (yang mencakup R & D) adalah otomatis sehingga dapat dieksekusi dengan kecepatan yang luar biasa, efisiensi dan kelincahan.
Proyek Socrates mengembangkan sarana untuk inovasi otomatis sehingga AS bisa memimpin Revolusi Inovasi Otomatis untuk membangun kembali dan mempertahankan daya saing ekonomi negara selama beberapa generasi. [51] [52] [53]

Lain spesies hewan


Ini dewasa gorila menggunakan cabang sebagai tongkat untuk mengukur kedalaman air, sebuah contoh penggunaan teknologi dengan primata non-manusia.
Penggunaan teknologi dasar juga fitur dari spesies hewan lainnya selain manusia. Ini termasuk primata seperti simpanse , beberapa lumba-lumba komunitas, [54] [55] dan gagak . [56] [57] Mengingat perspektif yang lebih generik teknologi sebagai etologi pengkondisian lingkungan aktif dan kontrol, kami juga dapat merujuk pada contoh-contoh hewan seperti sebagai berang-berang dan bendungan mereka, atau lebah dan sarang mereka.
Kemampuan untuk membuat dan menggunakan perkakas pernah dianggap sebagai ciri khas dari genus Homo . [58] Namun, penemuan alat konstruksi antara simpanse dan primata terkait telah membuang pengertian tentang penggunaan teknologi sebagai unik pada manusia. Sebagai contoh, para peneliti telah mengamati simpanse liar memanfaatkan alat untuk mencari makan: beberapa alat yang digunakan meliputi daun spons, memancing rayap probe, alu dan tuas . [59] Afrika Barat simpanse juga menggunakan palu batu dan landasan untuk kacang retak, [60] sebagai melakukan monyet Capuchin dari Boa Vista , Brasil. [61]

1 komentar: