UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Sabtu, 22 Desember 2012

Berbagai Software Alternatif untuk Format Flashdisk


Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas bagaimana memperbaiki USB Flashdisk yang tidak bisa diformat, selain cara yang sudah dibahas sebelumnya tersebut sobat bisa juga mencoba beberapa software gratis (freeware) yang bisa menjadi alternatif untuk memformat Flashdisk.
 
Namun perlu diingat dengan melakukan Format USB Flashdisk, maka data-data yang ada di flashdisk akan hilang, jadi sebaiknya data-data yang ada di backup terlebih dahulu pada media penyimpanan lainnya. Berikut beberapa software untuk format flashdisk: 

Martik USB Disk Formatter
Software gratis ini cukup kecil dan bersifat portable, dapat menjadi alternatif tool untuk melakukan format terhadap USB Flashdisk. Fitur yang disediakan cukup standard, kita bisa memilih tipe FAT32 atau NTFS dan juga melakukan quick format serta mengaktifkan kompresi drive ( khusus untuk NTFS).


Download Martik USB Disk Formatter (52 KB)

HP USB Disk Storage Format Tool 
Software gratis buatan HP ini mungkin sudah cukup populer dalam hal format USB drive. USB yang gagal di format di windows, biasanya bisa di format dengan baik menggunakan software ini, kecuali memang sudah rusak dan tidak terdeteksi. Meskipun dengan nama HP, tetapi bisa digunakan untuk merk lainya juga.

Selain itu HP USB Disk Storage Format tool juga mampu mem-format untuk ukuran yang lebih besar dari 32 GB, mengaktifkan fitur kompresi untuk tipe NTFS, serta bisa membuat Bootable DOS Startup. Fitur standard Quick Format juga disediakan, dan kita bisa memilih file sistem FAT32 atau NTFS.


Terdapat 2 versi download yang banyak tersedia, yaitu versi 2.1.8 dan 2.2.3. Sebenarnya fungsinya hampir sama, hanya saja untuk versi 2.1.8 bisa membuat DOS startup dari file internal windows secara otomatis, sedangkan Untuk versi 2.2.3, meskipun lebih baru, tetapi untuk membuat bootable DOS, kita harus menentukan (menyediakan) sendiri file sistem DOS yang akan digunakan. Ukuran download juga berbeda jauh, untuk versi 2.2.3 disini hanya 96 KB ( bersifat portable, tidak perlu install) sedangkan versi 2.1.8 sekitar 1.98 MB (installer, harus di install terlebih dahulu).

Download :
HP USB Disk Storage Format Tool 2.2.3 ( 96 KB)
HP USB Disk Storage Format Tool 2.1.8 ( 1.98 MB)
 

Any DRIVE Formatter
Software gratis alternatif lainnya ketika format windows tidak berhasil adalah menggunakan Any DRIVE Formatter. software ini akan berusaha mendeteksi USB Flah drive dengan sekali klik dan setelah itu kita bisa melakukan format USB tersebut. Untuk dapat menggunakan software ini, di komputer sudah harus terinstall Microsoft .NET Framework 2.0.

Download Any DRIVE Formatter (428 KB)

Demikian berbagai software alternatif untuk format USB Flashdisk semoga salah satunya bisa memformat flashdisk sobat yang mengalami masalah, terima kasih atas kunjungan sobat semua.



Read more: http://www.tadungkung.com/2012/12/berbagai-software-alternatif-untuk.html#ixzz2D95YEKau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar