UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Selasa, 17 Maret 2015

Membuat analisis Planning dan Organizing dari sebuah perusahaan



TUGAS KELOMPOK
PENGANTAR ILMU ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN

-          Membuat analisis Planning dan Organizing dari sebuah perusahaan jika perusahaan menghadapi “trend belanja online pada konsumen yang terus meningkat”.
-          Analisis pada perusahaan yang menghasilkan produk handycraft (souvenir)
-          Analisis tidak menggunakan nama merek/perusahaan yang sudah ada.
Pembahasan :
A.    Planning (perencanaan) adalah sebuah proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan dimasa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi/perusahaan.
Planning è     1. Man
                        2. Money
                        3. Machine
                        4. Methode
1.         Man adalah manusia, yang dalam sebuah perusahaan dapat diartikan tenaga kerja/karyawan. Dalam perusahaan souvenir dibutuhkan tenaga kerja yang kompetetif, kreatif dan inovatif , selain itu dalam memasarkan produknya di dunia online dibutuhkan tenaga kerja yang mempunyai skill di bidang IT untuk memajukan bisnis ini.
2.         Money adalah uang, yang berarti modal yang digunakan untuk memproduksi souvenir, sekaligus sebagai biaya untuk memasarkan produk yaitu dengan cara bisnis online. Dalam bisnis online modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak karena hanya membiayai domain website, promosi/ iklan, ataupun biaya untuk pembayaran jasa pembuatan website.
3.         Machine
Machine adalah mesin, dimana mesin mempunyai peranan penting dalam memproduksi souvenir, selain itu mesin juga memiliki peranan penting lainnya dalam memasarkan produk yang biasanya berupa computer ataupun laptop yang terhubung dengan internet.
4.         Method
Method adalah metode. Dalam perusahaan souvenir ini menerapkan beberapa metode untuk menunjang usaha/bisnis yang djalani atau dihadapi antara lain : metode pemasaran, metode perawatan souvenir, metode transaksi dan  metode pengiriman souvenir.
-          Metode pemasaran
Metode pemasaran dilakukan melalui internet, yaitu diantaranya media sosial, website, blog, dll
-          Metode perawatan souvenir
Metode ini digunakan untuk menjaga kualitas souvenir agar tetap dalam keadaan yang baik.
-          Metode transaksi
Metode ini meliputi cara bertransaksi dengan pelanggan atau konsumen,  pengelolaan keuangan dan lainnya.
-          Metode pengiriman souvenir
Metode ini dilakukan setelah melakukan transaksi dengan konsumen, meliputi distribusi dan  retur barang (souvenir) melalui jasa pengiriman barang.
B.     Organising (pengorganisasian) adalah sebuah proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan dapat memastikan semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi/perusahaan.
1.      Bagian Research and development
Bagian ini merupakan bagian yang bertugas untuk melakukan penelitian mengenai produk-produk souvenir yang perlu diciptakan sebagai inovasi-inovasi baru. Dan penempatan tenaga kerja di bagian ini harus kreatif dan inovatif agar terciptanya efisiensi dalam pekerjaan.


2.      Bagian keuangan
Bagian ini bertugas mengatur keluar masuknya biaya perusahaan souvenir. Untuk menciptakan ketepatan hasil dan target yang diinginkan, perusahaan harus mempunyai tenaga kerja akuntan professional.
3.      Bagian pemasaran
Bagian ini sangat penting karena merupakan strategi utama penjualan sehingga tenaga kerja yang dibutuhkan harus benar-benar menguasai dunia online khususnya pengelolaan web. Berikut contoh profesi tersebut : web designer, web programmer, dan web development.   
KELOMPOK 7
1.      GRESSYNTA MEIDYNA                14080324038              PTN 14B
2.      ZAINUL ARIFIN                              14080324054              PTN 14B
3.      DIMAS E HARJANTO                     14080324061              PTN 14B
4.      WACHIDATUS SA’DIYAH                        14080324066              PTN 14B
5.      NUR LAILI ZAKIYAH                   14080324069              PTN 14B

Tidak ada komentar:

Posting Komentar